Memecahkan Misteri




 
Sherlock Holems diminta bantuannya oleh pihak kepolisian. Kasus kali ini adalah pembunuhan seorang guru matematika yg dibunuh di dalam kamar apartementnya.

Tidak ditemukan barang bukti apapun di lokasi, hanya ada sedikit genangan air yg sudah bercampur darah disekitar tubuh korban dan sebuah buku yg sempat ditulis korban sebelum dia meninggal.

Buku tersebut rupanya adalah sebuah pesan kematian yg sempat ditulis korban namun dalam bentuk kode agar sang pembunuh tidak curiga dan mengerti arti pesan tsb, berdasarkan hasil otopsi korban meninggal sekitar 5 jam yg lalu dan dibunuh menggunakan benda keras yg dibenturkan ke kapal korban.


Ada 5 orang yg dicurigai polisi yg tinggal dalam apartement tsb:

1.Alfred : seorang rentenir dan bandar judi.

2.Annies : mantan pacarnya yg putus karena ketahuan selingkuh dengan temannya sendiri
3.Dorman : teman annie yg juga menjadi selingkuhannya.
4.Daniel : penjual ice cream delivery di apartment tersebut dan juga tempat korban saling berhutang.
5.Bernat : petugas catering delivery di apartment tersebut yg sering dimarahi oleh korban karena telat mengantarkan cateringnya.

Setelah sherlock membaca pesan kematian dibuku si korban dan meneliti profil para tersangka, dalam waktu 10 menit sherlock langsung menuju kamar tersangka dan menangkapnya, sherlock juga menggungkapkan alat yg digunakan tersangka untuk membunuh korban.

Berapakah nomor apartment tersangka?
Siapakah tersangkanya?
Benda apa yg digunakan tersangka untuk membunuh?

kode kematiannya ada di foto di atas..
jawaban
Kode a-A bisa jadi berarti kecil dan besar ( kecil ke besar).
bintang ada 5 sudut melambangkan 5, demikian juga dengan segitiga melambangkan 3, lingkaran tidak bersudut 0, persegi mempunyai 4 sudut melambangkan angka 4. Kesimpulan : nomor apartemen tersangka 5304.

QWERTY petunjuk untuk melihat keyboard. Ingat, korban adalah guru matematika, bisa jadi P adalah singkatan dari Panjang yang identik dengan Horisontal dan L adalah singkatan dari Lebar yang identik dengan vertikal, jadi melihat latar belakang pekerjaan korban maka susunan angka yang diberikan adalah sistem koordinat dengan menggunakan keyboard / mesin ketik. (3.2)=3 ke kanan 2 ke bawah diperoleh D, dan seterusnya A, M,I, E,L = DAMIEL.

Benda yang digunakan untuk membunuh tersangka dapat dilihat dari pekerjaan DAMIEL (senada dengan nama DANIEL) yang bekerja sebagai penjual es cream, korban dibunuh dengan es batu (dilihat dari sisa air bercampur darah) dan perkiraan kematian korban yang telah 5 jam tewas adalah cukup waktu untuk es batu mencair.

0 komentar:

Posting Komentar